Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasir Putih Pantai Rani Pulau Eksotisme

pulau rani pasir putih

TRAVELING TO SUPIORI RANI ISLAND

PULAU RANI atau dalam bahasa Biak disebut "Mios Rani" merupakan salah satu tempat wisata dengan berjuta keindahan alam pantai yang memukau. Sejarah masa lalu mengisahkan konon pulau ini menjadi tempat persinggahan ideal bagi masyarakat Biak-Supiori, Yapen dan Numfor di masa lalu. Pulau Rani, masuk dalam distrik Kepulauan Aruri, Kabupaten Supiori, Papua.

Seorang Naturalis Jerman,
C. B. H. Von Rosenberg pada 1869-1870 terpesona akan keindahan pulau Rani, ia pun mencatat nama pulau itu "Neki en Rani". Pada abad ke-19, sejarawan Belanda mengabadikan nama pulau ini dalam catatan traveling mereka, seorang Belanda, De Clerq (1893) mencatat nama pulau 'Aruri, Ran atau Rani, Nusumbabi, Bonsfori'.  Pulau ini disebut Runi Eiland atau "Poelau Runi"

Menjelajahi tanah Supiori selalu memberikan kesan tersendiri. Panorama dan pemandangan yang indah selalu menjadi primadona Supiori. Keindahan kepulauan Aruri memang sungguh mempesona, pantai pasir putih dan banyak dikelilingi hutan bakau yang sejuk memberi warna abadi yang kian abadi.

Untuk bisa sampai di pulau ini, Anda harus berangkat dari Pelabuhan Korido ke pulau Rani menggunakan transportasi laut (perahu), sekitar 15-40 Menit dari Korido. Areal perkampungan pulau Rani, terdapat Homestay di kampung Yamnai.

pulau Rani
Pemandangan Tanjung Urbinasi, Rani, 2022

Jika Anda merencanakan destinasti anda ke pulau mungkin nan indah ini, buatlah rencana yang matang sehingga perjalanan wisata anda memuaskan. Hamparan pasir putih dan pepohonan yang menjulang kelaut, tanjung Urbinasi, Rani memberi warna tersendiri. Saya ingin menceritakan sedikit perjalanan wisata kami ke pulau ini. Bersama teman-teman, kami memulai perjalanan dari kota Biak (Kabupaten Biak-Numfor) ke Supiori (Kabupaten Supiori) berjarak sekira 80-90 KM. Jalan yang kami lalui melewati banyak hutan hijau dan jalan yang berkelok-kelok. Kami berangkat pukul 5.30 hingga tiba pukul 7.30 WIT.

Karena hari sudah gelap kami memutuskan untuk menginap semalaman, agar besok paginya kami bersiap-siap menuju pulau Rani. Start dari kampung Wakre, kami menuju Korido dan menggunakan Speedboat (perahu) ke pulau Rani, tujuan wisata kami. Dari kejauhan, tampak burung-burung camar menyambut kami seperti layaknya sang bangsawan. Seperti menemukan surga yang hilang, tampak memesona, berkilauan pasir-pasir putih tanjung Urbinas.

pulau Rani
Tempat berteduh yang nyaman, tanjung Urbinas, Rani

Rasa rindu mulai menghilang, lelah kami pun terbayarkan, pemandangan yang sejuk, sunyi, hamparan pasir putih tanjung Urbinasi sungguh luar biasa. Mata kami dimanjakan rerumputan hijau laut, nyiur melambai, dan beningnya air laut.

Pemandangan bawa lautnya, biota karang laut ditambah berbagai jenis ikan. Membuat kami dimanjakan, Anda bisa memancing, mencari kerang, memasak dan menikmatinya di pantai yang rindah itu. Traveling kami kali ini sangat menyenangkan. Jangan lewatkan momen indah Anda, datanglah ke pulau ini dan rasakan sendiri keindahan dan kehangatannya.