Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengeksplor Wisata Seni di Bosnik Biak Timur

Ukiran Biak


Biak Timur tidak hanya terkenal dengan wisata pantai dan pasar Bosnik saja. Tapi, masyarakat Biak Timur terkenal dengan produk-produk seni ukiran khas Biak. Mulai dari seni patung, perahu hias (wairon), pernak pernik hiasan kepala (asis som), anyaman noken, vas bunga, gelang, kalung dan perhiasan khas Biak Timur dengan corak ukiran. 

Diantara pengukir Byak ada juga yang membuat kerajinan seni ukiran vas bunga dari kayu-kayu yang sudah tidak terpakai. Di kampung Bindusi-Inofi (Bosnik) misalnya, masyarakat disana memanfaatkan limbah kayu seperti balok, pohon yang roboh, cabang-cabang pohon dan bagian-bagian yang tidak terpakai. Nah, limbah kayu ini dibuat pot bunga dengan corak-corak ukiran Biak. 




Meski dengan peralatan dasar seperti parang, kapak, pahat dan pisau pengukir bisa membentuk beragam vas bunga. Tidak hanya vas bunga kayu, ada juga para pengrajin yang membuat meja, kursi, lemari maupun alat rumah tangga dari kayu. Di kampung Manduser yang terdiri dari desa Bindusi, Inofi dan Insumaris terdapat beberapa pengukir yang masih aktif  sampai hari ini. Untuk menjaga seni leluhur budaya Biak Numfor ini tidak hilang, para seniman di kampung tersebut terus berkarya untuk mempertahankan seni mengukir.  

Beberapa karya seni mereka ini dijual di pasar Bosnik dan Biak Kota dengan harga yang relatif terjangkau. Seperti vas bunga dalam foto-foto ini, harganya Rp. 300-500 ribu rupiah. Penjualan karya seni ukiran memang cukup memprihatinkan sebab tidak setiap hari laku terjual. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, para pengukir biasanya melakukan pekerjaan lain untuk mengatasi dampak kebutuhan mereka. Pun demikian hal itu tidak mengurangi motivasi mereka untuk terus berkaya dan menciptakan karya-karya baru mereka.   


Ukiran Biak


Selain kampung Bindusi, Inofi dan Insumarires, ada juga kampung-kampung lain di Distrik Biak Timur dan Oridek yang mengembangkan kerajinan ukiran khas Biak. Kerajinan seni mereka ini akan dijual di pasar Bosnik, Biak Kota, bahkan ada yang menjualnya keluar pulau Biak seperti di Jayapura, Manokwari, Timika, Nabire dan tempat-tempat lain. Bagi para pengungjung atau wisatawan yang berlibur atau traveling ke Bosnik, jangan lupa mampir untuk melihat berbagai produk-produk karya masyarakat lokal di pasar Bosnik. Di sepanjang jalan kampung-kampung di Bosnik banyak juga karya seni yang di pajang di pinggilan jalan.  


Ukiran Biak

Cobalah lakukan eksplorasi tidak hanya di pantai untuk menikmati keindahan, Anda bisa mengekplor wisata sejarah, wisata seni untuk menambah wawasan Anda tentang dunia wisata lainnya. Tapi, Anda perlu ingat jangan lupa mengabadikan setiap momen berharga Anda lewata kamera lensa. 

Posting Komentar untuk "Mengeksplor Wisata Seni di Bosnik Biak Timur"